Lembaga Demografi FEB UI Hadirkan Pembicara dari Jepang Dalam Seminar Reguler

Lembaga Demografi FEB UI Hadirkan Pembicara dari Jepang Dalam Seminar Reguler  

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI 

DEPOK – Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan Seminar Reguler dengan pemateri Prof. Yukari Shirota selaku Profesor dari Fakultas Ekonomi, Universitas Gakushuin, Tokyo, dengan mengangkat topik pembahasan mengenai “Visualisasi Perubahan Data Demografis Seri Waktu Berdasarkan Bentuk Statistik”.

Visualisasi data ekonomi dengan menampilkan data GDP dan persentase listrik di tingkat provinsi di Indonesia. Sebelumnya, visualisasi data dengan shape analysis banyak digunakan di ilmu morfologi, antropologi, dan biologi. Visualisasi di bidang ekonomi adalah salah satu terobosan yang kini sedang dikembangkan. Visualisasi ini sangat efektif ketika kita menganalisis data besar. Ketika kami menangani data deret waktu, visualisasi akan sangat membantu.

“Dalam seminar ini, saya mengilustrasikan perubahan seluruh tren pada data demografis seri waktu sebagai bentuk. Metode yang kami gunakan adalah analisis bentuk statistik yang dapat mengekstrak transformasi Affine dan non-Affine dari deformasi dari waktu ke waktu”, kata Yukari Shirota dalam Seminar Reguler di ruang Kartono Gunawan, LD, pada Rabu (26/9/2018).

Transformasi Affine sesuai dengan tren keseluruhan dan di sisi lain transformasi non-Affine sesuai dengan gerakan lokal. Metode ini berguna untuk melihat pergerakan lokal dan spesifik dari setiap sampel data dan membandingkan posisi dengan tetangga lainnya.

“Selain itu, seluruh perubahan tren pada perbandingan provinsi Indonesia mengenai angka kesuburan total dan ukuran rata-rata keluarga. Dari visualisasi, ditemukan bahwa hubungan antara data telah banyak berubah. Dengan menggunakan Statistical Shape Analysis, visualisasi data Total Fertility Rate (TFR) dan rerata jumlah anggota keluarga di tingkat provinsi pada tahun 2000 dan 2012,” tutup Yukari Shirota. (Des)