FEB UI Merayakan Dies Natalis ke-68 Tahun dengan Penghargaan Purnabakti dan Program Alumni Give Back to Campus

FEB UI Merayakan Dies Natalis ke-68 Tahun dengan Penghargaan Purnabakti dan Program Alumni Give Back to Campus

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia merayakan acara puncak Dies Natalis ke-68 tahun yang berlangsung di Auditorium Soeria Atmadja, Gedung Dekanat, pada Rabu (19/9/2018).

Rangkaian acara ini dibuka oleh sambutan Prof. Ari Kuncoro, Ph.D., selaku Dekan FEB UI. Ia mengatakan bahwa 68 tahun sudah FEB UI berdiri di Indonesia, suatu perjalanan yang panjang telah ditempuh oleh institusi pendidikan ini dan banyak mengalami transformasi. Kemajuan di institusi pendidikan tinggi tidak pernah lepas dari peranan para Dosen sebagai ujung tombak pelaksana utama dari fungsi Tri Darma Perguruan Tinggi.

FEB UI dalam mewujudkan mimpi membangun fasilitas yang terdepan dan mencukupi untuk kegiatan mengajar dan belajar telah meluncurkan program inistiaf Alumni Gives Back to Campus, yang merupakan bentuk nyata kepedulian dari para stakeholders terhadap FEB UI, yang difokuskan dalam bentuk renovasi fisik.

“Sejak diluncurkan di tahun 2015, tak kurang dari 35 hibah natura yang telah kami terima dari para alumni, mitra kerjasama dan filantrofi dengan total nilai hibah sebesar Rp11,6 milyar. Sebanyak 98% dari hibah tersebut adalah berupa hibah renovasi fasilitas fisik, seperti kelas perkuliahan, lab komputer, auditorium, student center, taman, dan lobi dekanat. Selain itu, renovasi ruang rapat Prof. Mr. Djokosoetono yang merupakan kontribusi dari putra Alm. Prof. MR. Djokosoetono yaitu dr. Purnomo Prawiro.” ucap Ari Kuncoro.

Saat ini, FEB UI mencetuskan program baru, yaitu Endowed Professorship and Chair atas prakarsa dari Alm. Prof. Dr. Ir Mohammad Sadli, yang menjadi pionir atas program dana abadi ini sekaligus meresmikan program M. Sadli Endowed Professorship and Chair.

M. Sadli Endowed Professorship and Chair merupakan bentuk penghargaan akademis tertinggi yang dapat diberikan oleh Fakultas kepada staf pengajar. “Untuk selanjutnya, kami berharap ke depannya agar makin diperluas lagi bentuk dukungan dan kerjasama semacam ini kepada FEB UI, baik dukungan dalam bentuk renovasi fisik, penelitian, beasiswa, pemagangan, kemitraan dan kesempatan untuk pengayaan budaya dan pendidikan berkelanjutan,” tutup Ari Kuncoro.

Selanjutnya, pemberian cincin dan sertifikat purnabakti terhadap 12 dosen dari masing-masing Departemen yang berada di FEB UI. Pertama, dari Departemen Ilmu Ekonomi, yaitu Prof. Aris Ananta, Ph.D., Tara Bakti, S.E., Arindra Artasya Zainal, Ph.D., Prof. Prijono Tjiptoherijanto, Ph.D., Prof. Sulastri, Ph.D., Ayke Soraya Iskandar, S.E., dan Alm. Maman Karyaman Muchtar, M.Soc.Sc. Kedua, dari Departemen Akuntansi, yaitu Sunan Ryan Permana, S.E., Ak., Hamdi Adnan, S.E., Istama Tatang Siddharta, S.E., dan Endah Susilaningtyas, MBA. Dan Ketiga, dari Departemen Manajemen, yaitu Siti Adiprigandari Adiwoso Suprapto, Ph.D.

Sambutan kedua disampaikan oleh Prof. Prijono Tjiptoherijanto, Ph.D., selaku perwakilan dosen purnabakti dari Departemen IE. Ia menyampaikan terima kasih kepada pimpinan FEB UI, para guru besar, rekan-rekan dosen yang selama ini yang telah memberikan kesempatan, mendukung dan bekerjasama dalam mendarmabaktikan ilmu yang kami miliki kepada kampus tercinta ini. Selain itu, mereka juga sudah membentuk kami sehingga bisa bertahan sampai masa pensiun.

“Walaupun kami pensiun sebagai seorang PNS, tapi kalau untuk mengajar mahasiswa di FEB UI tidak ada kata pensiun. Harapannya di masa-masa mendatang, kami masih bisa memberikan darmabakti tersebut untuk kampus tercinta ini,” kata Prijono Tjiptoherijanto.

Sambutan ketiga disampaikan oleh dr. Purnomo Prawiro. Beliau mengatakan bahwa sejarah berdirinya UI dan khususnya FEB UI merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjuangan bangsa dan negara. Para pendiri Republik kita, our founding fathers, dalam berkiprah mengisi kemerdekaan tidak tinggal diam, yaitu salah satu upaya nya membenahi Fakultas Ekonomi.

“Saya dapat memetik dari ajaran ayah saya bahwa sesuatu yang telah kita bangun harus dipelihara, diperjuangkan eksistensinya. Itulah yang saya pegang hingga kini sebagai amanah beliau yang menyayangi UI, khususnya FEB UI yang telah dibangun selama beliau menjabat. Walaupun bukan ekonom, kehendak beliau agar FEB UI berkembang merupakan ‘passion’ tersendiri,” ucap Purnomo Prawiro.

Terima kasih kepada seluruh kerabat seperjuangan Prof. MR. Djokosoetono dalam membangun FEB UI, khususnya kepada Dekan FEB UI ke-12 oleh Aditiawan Chandra, Ph.D., yang telah mengeluarkan SK Dekan FEUI No.KPTS/124/2003 tentang Pemberian Nama Ruang Di Lingkungan FEB UI yang di antaranya Ruang Rapat Guru Besar Gedung Dekanat, Lantai 3 bernama Prof. MR. Djokosoetono. “Renovasi ruang Djokosoetono sebagai hibah kepada FEB UI dan semoga dapat diterima, digunakan, dan dipelihara untuk kepentingan pengembangan FEB UI,” tutup Purnomo Prawiro.

Sambutan keempat disampaikan oleh Prof. Dr. Saparinah Sadli. Ia mengatakan bahwa gagasan M. Sadli Endowed Professorship and Chair pencetusnya ialah Ari Kuncoro, Dekan FEB UI berawal dari keinginan saya dalam membuat beasiswa bagi generasi muda. Beasiswa ini diberikan untuk para dosen muda dan mahasiswa yang memiliki potensial.

“Saya harapkan M. Sadli Endowed Professorship and Chairs tetap berlangsung sebagaimana yang dicetuskan oleh pemikirnya. Intinya, saya dan keluarga Pak Sadli bisa berkontribusi di lingkungan UI khususnya FEB UI ini, sehingga bisa menyumbang untuk almamater tercinta,” tutur Saparinah Sadli.

Sambutan penutup disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met., selaku Rektor UI. Pada pagi hari ini kita hadir pada acara istimewa dan penuh makna, yaitu pelepasan Dosen Purnabakti FEB UI, Peresmian ruang rapat Prof. MR. Djokosoetono persembahan dr. Purnomo Prawiro dan Penyerahan secara simbolis kepada Prof. Dr. Saparinah Sadli atas prakarsa M. Sadli Endowed Professorship and Chair. Acara ini merupakan rangkaian acara dalam rangka memperingati Dies Natalis FEB UI ke-68 tahun.

Setiap kali kita memperingati Dies Natalis, makna penting yang tidak lupa harus kita cermati adalah mengevaluasi kembali apa tugas dan fungsi kita dalam membangun perguruan tinggi untuk bangsa dan negara ini. “saya mewakili seluruh jajaran pimpinan dan segenap sivitas akademika UI memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada FEB UI atas capaian-capaian nya, semoga FEB UI semakin sukses di masa yang akan datang,” jelas Muhammad Anis.

Dan terakhir acara ini ditutup dengan pemotongan tumpeng, foto bersama, pengguntingan pita peresmian ruang Prof. MR. Djokosoetono oleh dr. Purnomo Prawiro & Dekan FEB UI. Dan dilanjutkan dengan makan siang dan ramah tamah. (Des)