FEB UI Selenggarakan Yudisium Program Pascasarjana S-2/S-3 dan Magister Semester Genap 2017/2018

FEB UI Selenggarakan Yudisium Program Pascasarjana S-2/S-3 dan Magister Semester Genap 2017/2018

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan Yudisium bagi Program S-2 dan S-3 semester genap 2017/2018 yang berlangsung di Auditorium Soeria Atmadja, Gedung Dekanat, pada Jumat (24/8/2018).

Yudisium tahun ini meluluskan 455 mahasiswa yang terdiri dari lulusan Program S-2 sebanyak 423 mahasiswa dan Program S-3 sebanyak 32 mahasiswa. Acara ini di bagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi diperuntukkan bagi Prodi PPIE (S-2 & S-3), PPIM (S-2 & S-3), PPIA (S-2 & S-3), MPKP (S-2), dan Kajian (S-2). Kemudian, sesi siang diperuntukkan bagi Prodi MM (S-2), Maksi (S-2), dan PPAk (S-2).

Rangkaian acara untuk sesi pagi, dibuka dengan sambutan dari Dekan FEB UI, kemudian sambutan oleh perwakilan wisudawan dari PPIA, dan sambutan oleh Ketua Bidang 2 ILUNI FEUI dari angkatan 86 sekaligus Direktur Dana Pensiun Perkebunan. Dan untuk sesi siang, dibuka dengan sambutan Dekan FEB UI, selanjutnya sambutan oleh perwakilan wisudawan dari Prodi MM, dan sambutan dari Ketua ILUNI FEB UI.

Sesi pagi dibuka oleh sambutan Prof. Ari Kuncoro, Ph.D., selaku Dekan FEB UI. Ia menyampaikan bahwa yudisium ini merupakan tradisi di Universitas Indonesia terutama FEB UI bagi mahasiswa yang sudah lulus dari masa studinya.

“Awal dari adanya Program Pascasarjana ini berawal dari pergeseran konsep pemikiran terdahulu bahwa universitas hanya dikenal program S-1 (Sarjana) dan lambat laun semakin berkembang untuk pengembangan ilmu terutama di FEB UI, seperti Ilmu Akuntansi, Ekonomi, dan Manajemen. Selain itu, ada juga Program Profesi, di antaranya MM, MPKP, MEKK, dan Maksi,” tutup Ari Kuncoro.

Kemudian, sambutan oleh Sagung Dian Rosita perwakilan wisudawan dari PPIA. Ia mengatakan bahwa kuliah di FEB UI ini tantangannya berat, karena FEB UI ini menjaga kualitas lulusannya menjadi terdepan di kancah nasional maupun internasional. Untuk itu, FEB UI mendidik mahasiswanya untuk bisa berjuang dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen, dan diharuskan untuk mengikuti seminar internasional. Semua tantangan tersebut, bisa kami lewati berkat dukungan fasilitas yang diberikan oleh Fakultas Ini, seperti akses internet gratis, perpustakaan sampai malam hari, dan akses jurnal yang terbuka luar biasa.

“Kami bangga menjadi lulusan dari FEB UI dan tentu perjuangan kami tidak berhenti sampai disini, karena untuk ke depan nya, kami harus bisa menjaga nama baik almamater UI dengan mempraktikan ilmu yang didapat selama ini untuk membangun bangsa dan negara Indonesia,” tutup Sagung Dian Rosita.

Dan sambutan oleh Haris Anwar, S.E., selaku Ketua Bidang 2 ILUNI FEUI dari angkatan 86 sekaligus Direktur Dana Pensiun Perkebunan. Ia menyampaikan dasar ILUNI FEB UI merupakan anggota yang berasal dari lulusan mahasiswa dari kampus ini dan terbuka untuk mengikuti organisasi ini. Kegiatan ILUNI ini banyak terlibat dalam kegiatan kemanusiaan ataupun sosial yang sifatnya insidentil.

“Kontribusi untuk kampus ini, kami juga mendapat dukungan dari ILUNI kita yang mempunyai akses di bidang professional dalam hal renovasi kelas dan laboratorium komputer. Selain itu, untuk kegiatan yang sifatnya berkaitan dengan profesi maupun ikatan dengan almamater, kami mengadakan Breakfast Forum terkait isu ekonomi terkini. Dan terakhir, kegiatan tahunan pada saat bulan Ramadan, yaitu buka puasa bersama,” tutup Haris Anwar.

Sesi siang, sambutan oleh Mu’thi Abdillah perwakilan wisudawan dari Prodi MM. Dia berbicara bahwa tidak bisa dibilang mudah untuk sampai ke tahap kelulusan ini. Tentunya, kita tidak lupa dengan suka dan duka yang telah kita lalui bersama. Telah banyak waktu yang kita lalui untuk mengerjakan tugas-tugas. Selain itu, bagi yang menggunakan motode pengajaran Participant Centered Learning (PLC), partisipasi dan keaktifan di kelas juga tetap dituntut untuk selalu dilakukan.

Saya mewakili segenap wisudawan, rasa terima kasih kami haturkan kepada para dosen dan seluruh pihak dan jajaran pegawai di FEB UI yang telah membimbing, membantu, dan memungkinkan kami untuk berprestasi serta sampai di tahap yang membanggakan ini. “We made it. Today, we can hold our head high and stand proudly of what we already achieved from these 2 or 1,5 years dream,” tutup Mu’thi Abdillah.

Dan terakhir, sambutan dari Mirza Adityaswara, S.E., selaku Ketua ILUNI FEB UI sekaligus Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Bagi semua lulusan yang berada di ruangan ini otomatis menjadi ILUNI FEB UI. Kegitan ILUNI terbagi menjadi dua, yaitu kegiatan serius dan santai. Kegiatan serius, seperti Breakfast Forum dan memproduksi/menerbitkan buku dari ekonom dan analis muda dalam hal memberikan kontribusi untuk masyarakat luas. Untuk kegiatan santai, di antaranya fun walk, fun run, fun bike. Selain itu, ada juga aktivitas fisikal kampus dengan menggalang dana dari berbagai angkatan untuk renovasi ruangan kelas maupun dosen.

“Dan bagi Bapak/Ibu yang sudah lulus dari kampus ini, jangan pernah melupakan kampus tercinta ini. Salah satu kontribusi yang bisa dilakukan oleh Bapak/Ibu bagi yang bekerja di suatu perusahaan besar dengan mengajukan ke perusahaan tersebut untuk bisa menjadi sponsor dalam membangun sarana prasarana FEB UI ini menjadi lebih baik lagi,” tutupnya. (Des)

 

 

 

Â