FEB UI Adakan Pelatihan Video Editing Bagi Dosen MPKT-A dan PKBTPA

FEB UI Adakan Pelatihan Video Editing Bagi Dosen MPKT-A dan PKBTPA

 

Hana Fajria – Humas FEB UI

Depok (20/8/2018) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia memiliki kurikulum dua mata kuliah wajib, yaitu Pengantar Komunikasi Bisnis dan Teknik Penulisan Akademik (PKBTPA) dan mata kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi (MPKT-A). Di akhir perkuliahan kedua matakuliah tersebut mahasiswa secara berkelompok diminta untuk mengerjakan tugas proyek akhir yang salah satu bentuknya berupa penayangan video. Untuk itu, Senin 20 Agustus 2018 FEB UI membekali para Dosen pengampu mata kuliah MPKT-A & PKBTPA dengan pelatihan video editing.

Pelatihan tersebut disampaikan oleh Bapak Teddy Ichsan Arifin, SS dari Creative Director TCA Group. Dalam materi pembahasannya, Teddy memaparkan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mewujudkan video yang harus memiliki konsep “visual telling a story” untuk mewujudkan sebuah adegan yang sesuai dengan karakter cerita yang dibawakan, sehingga para penonton dapat fokus terhadap pesan yang ingin disampaikan tanpa teralihkan objek-objek lain. “Sesederhana apapun sebuah video, asalkan memiliki konsep nilainya pasti bagus, “ ujar Teddy.

Di samping itu, Teddy menjelaskan seputar vlogger, cara berkomunikasi dalam produk vlog, serta pengenalan software video editing yang bisa diakses di mobile seperti, Adobe Premiere Clip, FilmoraGo, Kinemaster, Power Director, Quilk, YouCut, serta Flipagram.

Diharapkan, kegiatan pelatihan ini dapat memberikan wawasan dan kemampuan dasar praktis video editing bagi para dosen dan asisten dalam rangka memberikan arahan kepada mahasiswa dalam pembuatan proyek akhir video. (Des)