FEB UI Menghadirkan Menteri Keungan RI dalam Masa Orientasi Pengenalan Kampus 2018

FEB UI Menghadirkan Menteri Keungan RI dalam Masa Orientasi Pengenalan Kampus 2018

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK (18/08/2018)– Masa Orientasi Pengenalan Kampus (OPK) terhadap Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis sudah menjadi agenda rutin tiap tahunya dan tahun ini mengangkat tema mengenai ‘Kenali Diri Lampaui Ekspektasi” yang berlangsung di Auditorium Soeria Atmadja dan Student Center, pada Sabtu (18/8/2018).

Di dalam OPK ini, Sri Mulyani Indrawati, Ph.D., Menteri Keungan RI sekaligus alumni FEB UI memberikan talkshow yang dibalut dengan diskusi. Beliau mengatakan bahwa masuk ke FEB UI bukanlah sembarangan pilihan. Inilah universitas yang memiliki banyak torehan sejarah dan banyak mengukir reputasi. Reputasi FEB UI waktu itu ialah universitas yang diajar oleh dosen yang berpendidikan dari lulusan dunia.

Mereka mencetak dan menghasilkan generasi penerus bangsa yang bisa membuat kebijakan ekonomi di Indonesia. Selain itu, mereka juga menghasilkan lulusan-lulusan bermutu yang bisa bersaing di perusahaan besar yang berada di dalam maupun luar negeri.

”Kalau Anda sebagai mahasiswa FEB UI, Anda mudah sekali mendapatkan role model. Karena proses membentuk jati diri Anda menjadi seorang manusia berkarakter, nanti akan dibentuk disini. Saya juga ingin menyampaikan beberapa hal, proses menjadi manusia adalah untuk menjadi manusia yang lebih sempurna. Karena sulitnya anak-anak millennial menjadi dirinya sendiri, karena lebih sibuk mengurusi dirinya sendiri yang tak penting dilakukan,” ungkap Sri Mulyani.

Oleh karena itu, masuk FEB UI jadikan motivasi yang kuat untuk menghalau berbagai rintangan dan hambatan dalam proses pembelajaran nantinya. Selain itu, carilah passion yang sesuai dengan keinginan Anda di kampus ini. Dan kalian harus sering-sering membaca text book demi mengupdate perekonomian Indonesia maupun dunia yang selalu berubah-ubah.

“Membaca text box yang berkaitan dengan dunia ekonomi juga penting untuk menambah wawasan lebih dalam lagi mengenai perkembangan perekonomian dan juga untuk menambah modal pengetahuan bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi lagi, seperti Magister, Master, dan Ph.D,” ungkap dia.

Untuk itu, periharalah sisi kemanusiaan Anda, jangan pernah berhenti untuk terus menerus membaca dan belajar mengenai perkembangan informasi terkini tentang perekonomian Indonesia maupun dunia, karena kita harus tahu mengimplementasikan dunia yang baru. “Pesan saya, bila Anda ingin menjadi politisi, jangan menjadi politisi yang hanya pandai bersilat lidah. Jadilah politisi yang mempunyai konten, karena kualitas negara ini tergantung pada politisi yang mempunyai konten dan tahu bagaimana memetakan masalah negara ini,” tutup Sri Mulyani. (Des)