Tendik FEB UI Dibekali Skill Penggunaan Microsoft Excel Pendukung Data Center

Tendik FEB UI Dibekali Skill Penggunaan Microsoft Excel Pendukung Data Center

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK ā€“ Sosialisasi penggunaan microsoft excel sebagai pendukung data center diperuntukkan bagi para Tendik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia agar mahir dalam menggunakan fitur-fitur yang ada pada excel dan bisa diterapkan dalam membuat data-data laporan dengan cepat dan efisien.

“Penyusunan data center untuk memasok kebutuhan data monitoring kinerja dan data akreditasi, setidaknya dibutuhkan time series data selama lima tahun ke belakang. Dibutuhkan waktu yang relatif cepat untuk bisa segera menyelesaikan data user requirement yang sudah disusun di Tahap I, sehingga para Tendik nantinya akan dibekali keterampilan excel untuk mempercepat pengisian data tersebut”, ujar Sekretaris Pimpinan Desti Fitriani, MA, CA, CPMA, saat membuka rapat sosialisasi Tahap II Data Center pada Senin 30/07/2018.

Dalam sosialisasi ini yang menjadi pemateri berasal dari internal FEB UI, Narita Dini Anggraini, M.SM., selaku Kepala Perencanaan Pengembangan & Data Center. Ia memaparkan bahwa sosialisasi ini dilakukan berkaitan dengan user requirement data center. Pengisian User Requirement ini adalah salah satu proses yang dilakukan oleh setiap unit Pusat Administrasi Fakultas untuk membuat aplikasi-aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan setiap pengguna dalam menarik data-data pendukung laporan analisis manajemen secara real time.

Materi yang diberikan di antaranya adalah bagaimana cara mengubah huruf menjadi huruf kapital ataupun kecil di excel, menggabungkan isi beberapa sel excel menjadi satu, memisahkan/mengambil bagian teks, memindahkan isi baris ke kolom dan sebaliknya pada tabel excel, memisahkan isi sel menjadi beberapa kolom, cara dan kegunaan filter data, cara menggunakan data validation dan vlookup.

“Sedangkan metode sosialisasi ini adalah dengan memberikan beberapa contoh latihan-latihan excel, serta diskusi terkait kapan dan bagaimana rumus tersebut harus digunakan dan apa manfaatnya” papar Dini dalam presentasinya di Laboratorium Komputer Nathanael Iskandar, Gedung A, pada Senin (6/8/2018) .

Tujuan diadakannya sosialisasi ini diharapkan bisa meningkatkan keterampilan Tendik FEB UI dalam menggunakan excel serta data-data administrasi yang di-maintain menjadi lebih rapi dan sistematis.

“Banyak rumus rumus dalam excel yang bisa digali lebih dalam untuk memudahkan pekerjaan administrasi sehari-hari, namun jika latihan rumus-rumus excel yang telah dipelajari ini tidak diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari maka akan cepat lupa dan tenggelam lagi, sehingga dalam jangka panjang akan menghambat proses digitalisasiā€, tutupnya. (Des)

 

Ā 

Ā 

Ā