FEB UI Selenggarakan Rapat Kerja Departemen dan Program Studi

FEB UI Selenggarakan Rapat Kerja Departemen dan Program Studi

 

Delli Asterina – Humas FEB UI

Yogyakarta (27/07/2018) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menggelar rapat kerja untuk pimpinan Departemen, pimpinan Program Studi, sekretaris pimpinan dan para manajer Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Rapat kerja yang berlangsung selama tiga hari (27-30/7/2018) di Royal Ambarukmo ini membahas kondisi kerja yang saat ini sedang berlangsung maupun sasaran, indikator kinerja kunci dan target kinerja di Departemen dan Program Studi.

Acara dibuka dengan sambutan Dekan FEB UI, Prof. Ari Kuncoro, Ph.D. Dalam sambutannya beliau membahas tantangan perubahan, posisi dan rencana strategis FEB UI serta posisi strategis FEB UI di QS World University Rankings hingga sosialisasi proses bisnis utama di Unit-Unit Kerja Dekanat.

Dalam rapat kerja Departemen dan Program Studi ini dibagi dalam tiga bagian diskusi. Sesi diskusi pertama dibahas Departemen Ilmu Ekonomi, sesi kedua dibahas Departemen Manajemen, sesi ketiga dibahas Departemen Akuntansi.

The new vision of Department of Economics, Leader in Education, Leader in Public and Private, Leader in Frontier of Science, Leader in N-Helix, Intinya bagaimana kita mewujudkan visi sebagai leader di bidang ilmu ekonomi” Ujar Teguh Dartanto, Ph.D Kepala Departemen Ilmu Ekonomi

“Tantangan yang dihadapi oleh Kelas Khusus Internasional, yaitu kualitas intakes dan lulusan, kualitas pengajar dan pengajaran, peningkatan kerjasama internasional (penambahan universitas mitra, peningkatan variasi kerjasama), peningkatan kerjasama industri, akreditasi internasional (AACSB, EQUIS / EPAS, AUN, Kualitas dan ketercukupan akademik dan non-academic supports) “ kata Isfandiary Djafaar, S.E., M.Soc.Sc.

Sementara itu terdapat presentasi dari pusat administrasi fakultas, yang dipaparkan oleh Sekretaris Pimpinan dan para manajer di lingkungan FEB UI.

“Masing-masing yang dilakukan unit dibawah Sekretaris Pimpinan, yang pertama Humas & Keterbukaan Informasi Publik yang dilakukan ialah Revitalisasi official website FEB UI, optimalisasi peran akun-akun medsos official FEB dan digital signage, diseminasi seluruh informasi publik. Kedua Renbang & Data Center ialah membantu perencanaan dan sasaran strategis Fakultas sesuai dengan Visi-Misi strategis Fakultas di tiap periodenya, pemantauan terhadap pencapaian KPI (efektivitas) dan realisasi anggaran (efisiensi) dalam kaitannya dengan pencapaian kontrak kinerja Fakultas, melakukan analisis atas hasil pencapaian KPI dan realisasi anggaran. Ketiga, Kearsipan ialah mengelola dan menyimpan arsip yang berasal dari dokumen tata persuratan, surat keputusan, surat edaran, foto, rekaman audio dan video secara real-time. Keempat, unit VKA ialah Nota Kesepahaman Bersama (NKB), Perjanjian Kerja Sama (PKS), Berita Acara (BA)” tutupnya.

Paparan dari Kepala Departemen Manajemen yang dipaparkan Dony Abdul Chalid, Ph.D. membuka presentasi di hari kedua. Dalam paparannya Dony menjelaskan rencana mendatang Departemen Manajemen berupa sinkronisasi kurikulum antar prodi pengembangan kompetensi dosen, peningkatan exposure, penyusunan proposal dan tulisan bersama, peningkatan keragaman output dan pelatihan dan peningkatan aktivitas coaching clinic.

“Apa yang sudah kami lakukan untuk Departemen Akuntansi ialah memperbarui kurikulum, menyediakan mata kuliah pilihan berkolaborasi dengan industri (KPMG, Accenture, IBM, EY, Deloitte), memperkenalkan lebih banyak analisis data dalam kursus: SAP, Lumira, IDEA, berkolaborasi dengan badan profesional internasional, di antaranya ACCA, CIMA, ICAEW, CPA Australia, CFA, berkolaborasi dengan industri untuk magang, berkolaborasi dengan Michigan State University” Papar Dr. Ancella Hermawan, Ketua Departemen Akuntansi.

“Dengan adanya rapat kerja departemen dan program studi ini, kita semua jadi mengetahui kekurangan dan kelebihan satu sama lain, sehingga diharapkan masing-masing dapat saling belajar satu sama lain” tutup Prof. Ari Kuncoro, Ph.D dalam rapat kerja Departemen dan Program Studi. (Des)