FEB UI Dorong Peluang Investasi Indonesia di Forum Internasional

FEB UI Dorong Peluang Investasi Indonesia di Forum Internasional

 

Desti Fitriani – Sekretaris Pimpinan FEB UI

DEPOK (1/8/2018) – Pemerintah, industri dan akademisi bersinergi untuk meningkatkan investasi di Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) mendorong peluang investasi Indonesia di forum internasional.

Hal itu terwujud lewat pertemuan Investment Forum ‘Central for Strategic & International Studies (CSIS) – Bank BNI Roundtable’ di Washington DC, Amerika Serikat, Selasa 24 Juli 2018. Pertemuan ini didukung penuh oleh Kementerian BUMN.

Menteri BUMN Rini Suwandi membawa sejumlah BUMN dan juga Rektor Perguruan Tinggi Negeri seperti Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis, Rektor Universitas Gadjah Mada Panut Mulyono,  Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Joni Hermana, Rektor Universitas Padjajaran Tri Hanggono Achmad dan Rektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu.

FEB UI juga terlibat penuh dalam prakarsa pemerintah-industri-akademisi yang disebut Triple Helix tersebut. Dekan FEB UI Ari Kuncoro mengatakan untuk mendorong investasi, butuh forum internasional.

“Saya di sana sebagai dekan FEB UI dan Dirut BNI Achmad Baiquni sama-sama kita mencanangkan peluncuran CSIS-BNI Initiative. Prosesnya sudah mulai dari bulan April. Saya sudah ngobrol dari bulan April, pertemuan dan presentasi,” kata Ari Kuncoro.

Dekan FEB UI mengatakan investasi infrastruktur menjadi prioritas untuk saat ini. Namun di masa depan ini untuk menjamin terjadinya dialog terus menerus antara pemerintah, industri dan akademisi dengan eksposure internasional.

“Misalnya Indonesia butuh lokomotif buat kereta. Kenapa nggak joint venture saja bikin di Indonesia dan PT Inka sudah mau bikin di Banguwangi. Kalau ada persetujuan untuk membangun lokomotif di Indonesia itu adalah sebuah keberhasilan,” jelasnya. (Des)