Etikah Karyani Dalam Promosi Doktor Kaji Peran Risk Governance Perbankan di ASEAN-5

Etikah Karyani Dalam Promosi Doktor Kaji Peran Risk Governance Perbankan di ASEAN-5

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Etikah Karyani (1306417181) yang belangsung di gedung Pascasarjana, pada Senin (16/7/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Dr. Budi Frensidy (Promotor), Setio Anggoro Dewo, Ph.D. (Ko-Promotor 1), Wimboh Santoso, Ph.D. (Ko- Promotor 2). Selaku tim penguji, Hilda Rossieta, Ph.D. (Ketua Penguji), Dr. Darminto, Dr. Ancella A. Hermawan, Dr. Fitriany, dan Dr. Telisa Aulia Falianty.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Peran Risk Governance Terhadap Kualitas Operational Risk Disclosure dan Kinerja Perbankan di ASEAN-5”. Pengaruh praktik risk governance terhadap kinerja bank diuji secara langsung dan tidak langsung melalui kualitas ORD.

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengisvestigasi pengaruh praktik risk governance terhadap kualitas operational risk disclosure (ORD) dan kinerja bank pada lingkup ASEAN-5. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan menginvestigasi peran kompetisi pasar terhadap hubungan praktik risk governance dan kualitas ORD.

Sampel penilitian terdiri dari 57 perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa saham negara-negara ASEAN-5 (Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina) dengan kurun waktu pengamatan 2010-2014. Hasil riset menunjukkan bahwa praktik risk governance dan kompetisi pasar mampu mendorong bank untuk meningkatkan kualitas ORD. Tingkat kompetisi juga memoderasi pengaruh positif praktik risk governance terhadap kualitas ORD yang mengindikasikan efek substitusi.

Praktik risk governance secara langsung berpengaruh negatif terhadap ROA dan PER bank. Akan tetapi, praktik risk governance berpengaruh positif terhadap kinerja bank jika dimediasi oleh kualitas ORD. Sementara itu, kompetisi pasar dan kualitas ORD tidak memiliki pengaruh terhadap ROA dan PER bank.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Etikah Karyani dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-59 Bidang Ilmu Akuntansi. Selamat kepada Dr. Etikah Karyani! (Des)