Program Ekstensi FEB UI Mengadakan Open House untuk Para Calon Mahasiswa Baru 2018

Program Ekstensi FEB UI Mengadakan Open House untuk Para Calon Mahasiswa Baru 2018

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Open House Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia merupakan kegiatan sosialisasi terhadap informasi Program Studi Ekstensi kepada calon mahasiswa baru Ekstensi tahun akademik 2018/2019 yang diadakan di Student Center, pada Jumat (13/7/2018).

Pembicara dalam acara ini, yaitu Wardatul Adawiyah, S.E., M.B.A., selaku Manajer Pendidikan, Helman Arif, MM., selaku Koordinator Program Studi S-1 Ekstensi Manajemen, dan Nurul Husnah, M.S.Ak., selaku Koordinator Program Studi S-1 Ekstensi Akuntansi.

Wardatul Adawiyah, S.E., M.B.A., menjelaskan untuk ujian masuk seleksi Program Ekstensi terdiri dari dua, yaitu tes potensi akademik, dan tes bahasa Inggris. Bila mahasiwa yang sudah diterima nantinya harus membayar dana pengembangan (selama satu kali), BOP per semester dan barulah resmi menjadi mahasiswa ekstensi serta berhak mengikuti perkuliahan di kampus Salemba setiap Senin-Jumat, pukul 19.00-21.30.

Selanjutnya, Helman Arif, MM., mengatakan bahwa persyaratan calon mahasiswa Ekstensi FEB UI berasal dari PTN atau PTS yang terakreditasi ‘A’. Selain itu, lulusan D3/D4 Manajemen, Akuntansi, Administrasi Keuangan & Perbankan, Aktuaria & Asuransi, STAN & S-1 Ekonomi, dan teknik industri serta pastinya mengikuti ujian seleksi masuk.

“Pilihan Peminatan Program Ekstensi Manajemen ada 4, yaitu manajemen pemasaran, keuangan, SDM & organisasi, dan operasi. Beban studi mencapai 72 – 83 SKS dengan target waktu penyelesaian 5 – 6 semester” ucap Helman.

Selain itu, mahasiswa yang diterima dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, dimulai dari angkatan 2015 sebanyak 114 orang, angkatan 2016 sebanyak 109 orang, dan angkatan 2017 sebanyak 55 orang. Dan mahasiswa aktif genap 17/18 mencapai 253 orang. Jumlah lulusan Ekstensi Manajemen mulai awal berdiri hingga sekarang (genap 2017/2018) mencapai total 9.128 orang.

Dan terakhir, Nurul Husnah, M.S.Ak., memaparkan bahwa persyaratan calon mahasiswa Ekstensi FEB UI berasal dari lulusan D-III/D-IV Akuntansi PTN atau PTS yang terakreditasi ‘A’. Selain itu, mengikuti ujian saringan masuk Program Ekstensi. “Berbeda dengan Ekstensi Manajemen, bila di Ekstensi Akuntansi tidak ada pilihan peminatan. Jumlah SKS yang ditempuh nanti sebanyak 73 atau 85 SKS dengan masa studi minimal 5 semester dan jumlah pertemuan per mata ajar 14 kali (3 SKS), dan 10 kali (2 SKS) dengan lama pertemuan 150 menit, serta untuk mata ajar tertentu ada kelas asistensi yang diberikan di hari Sabtu” kata Nurul.

Sementara itu, mahasiswa yang diterima dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, dimulai dari angkatan 2015 sebanyak 119 orang, angkatan 2016 sebanyak 109 orang, dan angkatan 2017 sebanyak 45 orang. Dan mahasiswa aktif genap 17/18 mencapai 218 orang. Jumlah lulusan Ekstensi Akuntansi mulai awal berdiri hingga sekarang (genap 2017/2018) mencapai total 4.323 orang.

“Yang diperoleh bila sudah lulus dari Ekstensi Akuntansi, yaitu profesi akuntannya melalui proses ujian sertifikasi berikutnya. Untuk akuntan publik (Auditor) yang menerbitkan sertifikasinya ialah organisasi Ikatan Akuntan Publik Indonesia. Sedangkan sertifikasi Akuntan yang menerbitkan ialah organisasi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)” tutupnya. (Des)