Manusia Tak Luput dari Goda: Eksperimen Menarik oleh Abdul Luky Shofi’ul Azmi S Dalam Promosi Doktor

Manusia Tak Luput dari Goda: Eksperimen Menarik oleh Abdul Luky Shofi’ul Azmi S Dalam Promosi Doktor

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Abdul Luky Shofi’ul Azmi S (1206328055) yang belangsung di gedung Pascasarjana, pada Jumat (13/7/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Ari Kuncoro, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Mayling Oey-Gardiner, Ph.D. (Promotor), Assoc. Prof. Yohanes Eko Riyanto, Ph.D. Ko-Promotor 1). Selaku tim penguji, Prof. Dr. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D. (Ketua Penguji), Dr. Arie Damayanti, Prof. Dr. Aris Ananta, Dr. Riyanto, Dr. Vid Adrison, dan Dr. Alvin Pratama.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Manusia yang Tak Luput dari Goda: Eksperimen Lapangan Peningkatan Keberhasilan Program Konversi BBM BBG Bagi Nelayan Kecil”.

Penelitian ini merupakan eksperimen lapangan yang dilakukan dengan menggunakan randomized controlled trials untuk mengeksplorasi peran dari self control problem dan social preference dalam proses pengambilan keputusan individu dengan kasus upaya peningkatan keberhasilan program konversi BBM BBG bagi nelayan kecil.

Upaya ini dilakukan dengan dua jenis perlakuan, yaitu program cashback dan stiker social norm. RCT dilakukan dengan unit randomization klaster dan unit analisis individu guna meminimalisir terjadinya bias dan spillover effect. Total sampel yang digunakan ialah 302 yang dialokasikan secara stratified randomization pada tahap kabupatan menjadi 79 sampel perlakuan stiker, 83 sampel perlakuan cashback, 62 sampel perlakuan kombinasi stiker-cashback, dan 78 sampel kontrol. Pengukuran endline dilakukan 21 hari setelah pelaksanaan program konversi (pemberian mesin BBG kepada nelayan).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan BBG baik secara status penggunaan BBG pada akhir pengamatan maupun secara durasi penggunaan BBG di kelompok perlakuan stiker, kelompok perlakuan cashback dan kelompok perlakuan stiker-cashback lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa nudge cashback dan stiker social norm mampu meningkatkan keberhasilan program konversi BBM BBG bagi nelayan kecil

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Abdul Luky Shofi’ul Azmi S dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-100 Bidang Ilmu Ekonomi. Selamat kepada Dr. Abdul Luky Shofi’ul Azmi S! (Des)