Okder Pendrian, Doktor Baru Manajemen Stratejik Dengan Predikat Cumlaude

Okder Pendrian, Doktor Baru Manajemen Stratejik Dengan Predikat Cumlaude

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan prosesi sidang terbuka Promosi Doktor Okder Pendrian (1506776976) yang belangsung di gedung Pascasarjana, pada Selasa (10/7/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Dr. Ir. Kresnohadi Ariyoto Karnen, MBA (Promotor), Riani Rachmawati, Ph.D. (Ko-Promotor 1), Rr. Ratih Dyah Kusumastuti, Ph.D. (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Budi W. Soetjipto, DBA (Ketua Penguji), Dr. Lily Sudhartio, Sari Wahyuni, Ph.D., dan Dr. Regina Jansen Arsjah.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul ”Studi Pengaruh Corporate Parenting Role dan Family Influence Terhadap Orientasi Kewirausahaan dan Inisiatif Stratejik serta Kinerja di Unit Bisnis pada Family Business Groups di Indonesia”.

Jumlah studi tentang praktik manajemen strategis dan pengaruhnya terhadap kewirausahaan dalam bisnis keluarga telah meningkat akhir-akhir ini. Namun, ada beberapa studi yang menyelidiki hubungan mereka pada kelompok bisnis keluarga besar, memiliki karakteristik unik, yaitu, kehadiran pusat perusahaan yang menangani strategi perusahaan dalam kelompok bisnis, dan keberadaan manajemen keluarga yang mempengaruhi pengambilan keputusan strategis proses termasuk yang mengenai kewirausahaan dan inovasi baik di tingkat perusahaan dan di tingkat unit bisnis

Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) yang melibatkan 106 responden CEO dan pejabat manajemen senior di unit-unit bisnis yang dijalankan oleh 16 pusat perusahaan kelompok bisnis keluarga di Indonesia. Hasil studi menunjukkan bahwa kehadiran pusat perusahaan dan pengaruh keluarga mempengaruhi kinerja unit bisnis melalui pengaruh pada tingkat EO dan inisiatif strategis. Pusat-pusat perusahaan yang menjalankan pendekatan perencanaan strategis memiliki pengaruh positif pada tingkat EO dan inisiatif strategis di unit-unit bisnis.

Sementara itu, pendekatan kontrol strategis memiliki pengaruh positif pada tingkat EO tetapi tidak pada inisiatif strategis di unit bisnis. Di sisi lain, pendekatan kontrol keuangan memiliki pengaruh negatif pada tingkat EO tetapi tidak pada inisiatif strategis di unit bisnis.

Selain itu, pengaruh keluarga memiliki pengaruh positif pada tingkat EO dan inisiatif strategis di unit bisnis. Pada tingkat unit bisnis, ditemukan bahwa tingkat EO tidak memiliki hubungan langsung dengan kinerja, tetapi pengaruhnya akan positif pada kinerja setiap kali EO telah diimplementasikan dalam bentuk inisiatif strategis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penerapan peran pengasuhan perusahaan oleh pusat perusahaan dalam bentuk perencanaan strategis, kontrol strategis dan pengendalian keuangan, dan faktor pengaruh keluarga pada unit bisnis orientasi kewirausahaan (EO) dan inisiatif strategis unit bisnis, yang bergantian, mempengaruhi kinerja unit bisnis.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Okder Pendrian dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-259 Kekhususan Ilmu Manajemen Stratejik. Selamat kepada Dr. Okder Pendrian! (Des)