Hari Nugroho Dipromosikan Sebagai Doktor di Bidang Ilmu Ekonomi, dengan Mengkaji Peran Institusi Dalam Model Pertumbuhan Semi-Endogenous

Hari Nugroho Dipromosikan Sebagai Doktor di Bidang Ilmu Ekonomi, dengan Mengkaji Peran Institusi Dalam Model Pertumbuhan Semi-Endogenous

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK (5/7/2018) – Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Hari Nugroho (1106126176), di gedung Pascasarjana pada Kamis (5/7/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Susijati B. Hirawan, Ph.D., dengan pembimbing, Dr. N. Haidy A. Pasay (Promotor), Dr. Arie Damayanti (Ko-Promotor 1), Dr. Maddaremmeng Pannenungi (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Dr. Vid Adrison (Ketua Penguji), Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dan Dr. Hera Susanti.

Disertasi yang diangkat berjadul ”Peran Institusi Dalam Model Pertumbuhan Semi-Endogenous”. Model pertumbuhan semi-endogen menekankan akumulasi modal manusia dan kemajuan teknologi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. Sementara kebanyakan negera di dunia tidak memiliki kemampuan untuk mengakumulasi modal manusia dan kemajuan teknologi, hak istimewa penelitian dan pengembangan terletak pada sebagian negara maju. Jika demikian, maka yang ekstrim, negara-negara yang kekurangan modal manusia dan kemajuan teknologi akan terhenti dalam hal kemajuan ekonomi mereka.

Kemajuan dalam penelitian mengenai dampak dari modal dan teknologi terhadap perekonomian telah memberikan wawasan yang luar biasa tentang negara-negara di dunia berbeda satu sama lain. Namun, ada lebih dari dua alasan untuk menjelaskan perbedaan antar negara.

Acemoglu dkk. (2005) berpendapat bahwa institusi adalah yang paling kompeks, namun satu-satunya penyebab wajar pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian mengembangkan indeks institusi akan memberikan penjelasan yang lebih dalam daripada sekedar kajian teori. Di sisi lain, kita dapat menguatkan indeks institusi dengan teori umum bahwa institusi berkualitas rendah akan berdampak pada ekonomi secara negatif.

Penelitian ini akan memodifikasi model Jones (2002) dengan memasukkan karakteristik yang membedakan negara-negara di dunia. Upaya semacam itu diarahkan untuk memberi model pertumbuhan semi-endogen yang lebih umum agar dapat diterapkan ke semua negara di dunia.

Studi ini bertujuan untuk memperluas pemahaman tentang penyebab pertumbuhan ekonomi dengan memasukkan indeks konstitusi dan menemukan mengenai indeks tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Hari Nugroho dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-99 Ilmu Ekonomi. Selamat kepada Dr. Hari Nugroho! (Des)