Dr. Dimas Angga Negoro Bangun Model Organisasi untuk Perusahaan Berbasis Komoditas

Dr. Dimas Angga Negoro Bangun Model Organisasi untuk Perusahaan Berbasis Komoditas

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK (4/7/2018) – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menggelar prosesi sidang terbuka Promosi Doktor Dimas Angga Negoro (1106045134), di gedung Pascasarjana pada Rabu (4/7/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Susijati B. Hirawan, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Firmanzah, Ph.D., (Promotor), Sari Wahyuni, Ph.D., (Ko-Promotor 1), Dr. Lily Sudhartio (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Prof. Dr. Suroso (Ketua Penguji), Prof. Martani Huseini, Ph.D., Ratih Dyah Kusumastuti, Ph.D., dan Supriadi Legino, Ph.D.

Judul disertasi yang diangkat mengenai ”The Effect of Environmental Uncertainty and Top Management Team Foresight on Business Cycle Orientation and Organizational Ambidexterity: The Case of Mining and CPO Industry in Indonesia”.

Naik turunnya harga komoditas merupakan tantangan penting yang harus dihadapi untuk perusahaan berbasis komoditas agar dapat berjuang dan bertahan. Meningkatnya volatilitas siklus bisnis ini telah meningkatkan kesulitan dalam menanggapi secara strategis. Sebuah studi empiris telah dilakukan untuk membangun model organisasi untuk perusahaan berbasis komoditas untuk menangani masalah ini secara fundamental.

Selain itu, penelitian ini menggunakan metodologi Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) untuk menganalisis 130 manajemen puncak yang mewakili 99 perusahaan pertambangan dan Crude Palm Oil yang berbeda di Indonesia. Ditemukan bahwa perusahaan berbasis komoditas dapat memiliki kinerja yang lebih baik dengan menjadi organisasi ambidextrous. Untuk mencapai hal ini, perusahaan harus memiliki orientasi terhadap siklus bisnisnya dan orientasi ini ditentukan oleh tinjauan manajemen puncak dan ketidakpastian lingkungan

Studi ini memberikan kontribusi pada literatur yang ada pada manajemen strategis dalam kaitannya dengan organisasi ambidextrous, tinjauan masa depan manajerial, orientasi organisasi, ketidakpastian lingkungan, dan implikasi kinerjanya. Tak hanya itu, studi ini juga memberikan saran manajerial dengan mengusulkan model yang dapat memberikan wawasan berharga dalam tujuan membangun bisnis ambidextrous siklus bisnis.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Dimas Angga Negoro dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-254 dengan kekhususan Ilmu Manajemen Stratejik. Selamat kepada Dr. Dimas Angga Negoro! (Des)