The War for Software Business Development Manager Talent: What Should You Do ?

5“The war of talent” adalah istilah yang diciptakan oleh Steven Hankin dari McKinsey & Company pada tahun 1997. Istilah tersebut juga muncul dalam sebuah buku oleh Ed Michaels, Helen Handfield-Jones, dan Beth Axelrod, Harvard Business Press, 2001 mengacu pada lanskap yang semakin kompetitif untuk merekrut dan mempertahankan karyawan berbakat. Dalam buku, Michaels, et al., menjelaskan bukan satu set proses Sumber Daya Manusia yang unggul, melainkan pola pikir yang menekankan akan pentingnya bakat untuk keberhasilan organisasi.

“The war of talent”  untuk manajer pengembangan software  telah meningkat  intensif secara global, termasuk di Indonesia, karena Megatrends teknologi seperti Internet, Mobile Computing, Cloud Computing, Jaringan Sosial, Teknologi Keuangan, dan Internet of Things.  Dalam pertemuan Kuliah Umum yang diselenggarakan di Program Studi MM-FEB UI pada hari Jumat 13 November 2015 lalu yang dihadiri oleh sekitar 80 (delapan puluh) peserta membahas beberapa hal diantaranya sejarah industri perangkat lunak,  mengapa kita mengalami kekurangan Software Business Development Managers? Pembicara Kuliah Umum kali ini adalah Mr. On Lee yang saat  ini menjabat sebagai COO KASKUS juga membahas apakah Software Business Development Managers  tidak hanya dipersiapkan  untuk bekerja dalam industri perangkat lunak menarik, cepat dan berkembang, tetapi juga bisa mengambil keuntungan dari tantangan ini. Acara ini dipandu oleh Bapak Harryadin Mahardika, Ph.D (Ketua Program Studi MM-FEB UI) sebagai moderator.

Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak sore hari, tidak menyurutkan langkah mahasiswa MM-FEB UI untuk mengikuti kegiatan Kuliah Umum yang menarik ini. Ruang Auditorium sebagian besar terisi penuh oleh peserta yang berasal dari kelas pagi maupun kelas malam. Terlihat beberapa orang alumni MM-FEB UI ikut serta dalam Kuliah Umum ini.   Peserta cukup antusias dalam  mengajukan pertanyaan kepada pembicara.  Peserta yang mengajukan pertanyaan mendapatkan goody bag khusus dari KASKUS.

Kuliah Umum berikutnya tanggal 20 November 2015 dengan  mengundang Presiden Direktur OCBC NISP Ibu Parwati Surjaudaja. Kemudian pada tanggal 27 November 2015, MM-FEB UI kembali mengadakan Tanoto Entrepreneurship Series bekerja sama dengan Tanoto Foundation dengan mengundang Bapak Chaerul Tanjung (masih dalam konfirmasi) dan Bapak Christian Sia CEO PT. Pendekar Bodoh (Founder Restaurant D’Cost).  Bapak Christian Sia yang juga merupakan Alumni MM-FEB UI akan menceritakan pengalamannya  mendirikan Restaurant D’Cost .