MMUI BERBAGI 2015 NASIONALISME DALAM HIJAUNYA INDONESIA

 untitledSalah satu kegiatan sosial yang diadakan oleh MM FEB UI adalah MMUI Berbagi yang diadakan dua kali dalam setahun. Pada semester pertama tahun 2015, MMUI berbagi diadakan pada tanggal 25-26 April di SAAJA (Sekolah Alternatif Anak Jalanan) dan Panti Tresna Wredha Budi Mulia 1, Ciracas. Semester kedua diadakan pada tanggal 14 November 2015 di Yayasan Prima Unggul Pulomas dengan tema “Nasionalisme Dalam Hijaunya Indonesia”. Tema tersebut dipilih karena pada bulan November terdapat dua hari penting yang patut dirayakan yaitu Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November dan Hari Menanam Pohon yang jatuh pada tanggal 27 November. Acara ini dihadiri oleh 30 mahasiswa MM FEB UI dan 65 adik-adik dari Yayasan Prima Unggul

2Yayasan Prima Unggul baru saja mengalami musibah kebakaran pada bulan Maret tanpa adanya benda-benda yang tersisa. Namun Pak Martin selaku pemilik dan ketua Yayasan Prima Unggul selalu menanamkan semangat agar adik-adik tidak tidak larut dalam kesedihan. Hal ini  terbukti sehari setelah terjadinya kebakaran mereka tetap menghadiri pentas drama musikal dengan pakaian yang masih menempel di tubuh mereka. Selain itu Pak Martin juga menanamkan jiwa entrepreneurship ke masing-masing anak asuhnya.

“Walaupun kita baru mengalami musibah dan membakar habis barang-barang namun jangan jadikan itu semua sebagai alasan untuk kita menjadi anak-anak panti yang hidup bergantung kepada donator. Jika kita ingin memiliki tempat tinggal kembali kita harus berusaha dan bekerja untuk menghasilkan uang sehingga terlintas dipikiran saya untuk membuat beberapa usaha yang bisa dikelola oleh anak-anak seperti cucian motor, membuat kue kering, membuat cendol dan masih banyak usaha lainnya. Sehingga setelah keluar dari Yayasan Prima Unggul anak-anak saya akan menjadi anak-anak yang berguna bagi nusa dan bangsa” ungkap Martinus Gea , Pemilik Yayasan Prima Unggul. Tak hanya jiwa entrepreneurship yang ditanamkan, kegitan pembukuan dan marketing yayasan pun juga diajarkan oleh Pak Martin.

3 Adik-adik Yayasan Prima Unggul pun juga ahli dalam melakukan drama musikal dan paduan suara. Bahkan diantara mereka ahli dalam memainkan alat musik seperti gitar, bass, piano dan angklung. Berbagai jenis performa mereka pamerkan dan berhasil membuat teman-teman Student Committee MM FEB UI terpukau.

Acara ini turut mengundang salah satu veteran pejuang 45 pada masa penjajahan belanda yaitu R.M Soerachman Koesoemorachmanto. Diusianya yang ke 88 tahun beliau bercerita bagaimana terjadinya perang Surabaya yang dipimpin Bung Tomo., bagaimana eyang Soerachman bisa kabur dari penjara. Beliau sambil menitihkan air mata berpesan kepada kita semua untuk tetap melanjutkan perjuangannya.

4Selanjutnya acara dilanjutkan dengan menanam bibit seperti cabai, pepaya, bayam, selada dan tomat. Sebelum menanam, teman-teman dari Student Committee memutar video pendek berkaitan manfaat dari menanam pohon. Walaupun mereka pernah menanam bibit namun kami tetap mengingatkan mereka untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan bumi dengan menanam pohon.