Menghasilkan Lulusan Berkualitas – Ibu Ancella A.Hermawan

MENGHASILKAN LULUSAN BERKUALITAS

Ancella A. Hermawan

Ketua Departemen Akuntansi FEB UI

Majalah CPA INDONESIA EDISI 4/2015 hlm. 56

DEPARTEMEN AKUNTANSI INGIN MENJADIKAN PARA LULUSANNYA SEBAGAI SARJANA EKONOMI DI BIDANG AKUNTANSI YANG MAMPU MENGANALISI INFORMASI KEUANGAN DAN NONKEUANGAN DALAM MENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Selama ini, Departemen Akuntansi FEB UI berperan sebagai penyedia tenaga terampil bidang akuntansi. Di antaranya melalui Program Pendidikan Sarjana Reguler dan Ekstensi Akuntansi, Departemen Akuntansi ingin menjadikan para lulusannya sebagai Sarjana Ekonomi di bidang Akutansi yang mampu berpikir secara holistik dalam menganalisis informasi keuangan dan nonkeuangan dalam mendukung pengambilaan keputusan serta memahami model bisnis dari berbagai jenis industri yang berkembang saat ini.

Di samping itu, lulusannya juga memiliki nilai moral, etika yang universal, berkontribusi kepada masyarakat, dan mampu bersaing secara internasional.

Sedangkan untuk pilihan karier, para lulusan Program Studi Akuntansi dapat bekerja pada perusahaan, pemerintahan, atau kantor akuntan publik ( KAP) sebagai akuntan publik, akuntan manajemen, internal auditor/manajemen kontrol, manajer perpajakan, information system user, akuntan sektor publik, akuntan syariah, dan akuntan pendidik.

Departemen Akuntansi FEB UI juga membuka Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi (PPIA) yang merupakan program pascasarjana sains akuntansi dengan orientasi utama pada metodologi serta  perkembangan riset bidang ilmu akuntansi, baik dalam konteks global, regional, maupun nasional. PPIA menawarkan jenjang pendidikan tingkat Master (S2) dan Doktor (S3) dengan area riset utama akuntansi keuangan berbasis pasar modal, akuntansi manajemen strategis, corporate governance, auditing dan atestasi, perpajakan, dan sistem informasi akuntansi. Sebagai area riset utama meliput Akuntansi Keuangan Berbasis Pasar Modal, Akuntansi Manajemen & Isu Strategis Korporasi, Corporate Governance, Auditing & Atestasi, Perpajakan, dan Sistem Informasi.

Selain PPIA, Departemen Akuntansi FEB UI juga menyelenggarakan Program Studi Magister Akuntansi (MAKSI) dan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Program Studi PPAk merupakan program  profesi yang mempersiapkan mahasiswa S1 Akutansi untuk dapat memperoleh nomor register akuntan dari Kementerian Keuangan dan menyandang gelar profesi Akuntan (Ak). PPAk FEB UI merupakan penyelenggaraan PPAk yang pertama di Indonesia.

Program Studi MAKSI-PPAk menawarkan pilihan tiga program pendidikan, yaitu MAKSI, PPAk, dan MAKSI-PPAk. Program MAKSI-PPAk mulai ditawarkan pada semester Gasal Tahun Akademik 2008/2009.

Program itu memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin memperoleh gelar Magister Akuntansi (M.Ak) dan PPAk tanpa harus mengikuti kedua program secara terpisah dengan msa studi yang lebih cepat dan biaya pendidikan yang lebih murah.

Saat ini Departemen Akuntansi FEB UI memiliki 186 dosen yang berstatus tetap dan tidak tetap. Sebanyak 54 dosen diantarannya bergelar Doktor(S3).