Promosi Doktor Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Dr.Hardius Usman

Fakultas Ekonomi dan Bisnis kembali menghasilkan doktor di bidang Imu Manajemen pada tanggal Kamis 22 Januari 2015 Sdr. Hardius Usman berhasil  memertahankan disertasinya dengan judul ”Hubungan Religiusitas Dan Pemilihan Bank Islam Dengan Memperhitungkan Peran Norma Religius, Trust, Importance of Bank Attributes, Dan Sumber Informasi”.

Sdr. Hardius Usman merupakan lulusan doktor ke 188 dari Program Pascasarjana Ilmu Manajemen FEB UI. Penelitiannya  bertujuan untuk memelajari apakah risiko informasi dan likuiditas menjadi faktor penentu yield spread pada pasar obligasi korporasi Indonesia, hal tersebut mengikuti teori market microstructure.

Peran Religiusitas terhadap pemilihan bank Islam masih belum dapat disimpulkan dengan jelas, dan belum ada penjelasan mengapa terjadi perbedaan kesimpulan antara peneliti. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini mempunyai tujuan: (1) Mempelajari pengukuran religusitas yang sesuai; (2) Menyelidiki  penelitian terdahulu yang mengsumsikan semua muslim mengadopsi dan meyakini hokum yang sama tentang pengharaman bunga bank, dengan memasukan Variabel Norma Religius; (3) Menyelidiki pengaruh tidak langsung religiusitas terhadap pemilihan bank Islam, dengan menggunakan variable mediasi: Trust, Importance of Attributes, dan Sumber Informasi.

Peneliti melakukan exploratory study dan mengaplikasikan Natural Experimental Design dengan metode analisis Seemingly Causal Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran religiusitas terhadap pemilihan bank Islam untuk kelompok Tradisional, tetapi tidak mempengaruhi pemilihan bank secara tidak langsung melalui Variabel Trust dan Sumber Informasi Personal.