Newsletter MM Irwan Hidayat dan Susi Pudjiastuti

Kegiatan Tanoto Entrepreneurship Series – In partnership with MM-FEUI kembali diselenggarakan dengan mengundang Bapak Irwan Hidayat (Sido Muncul) dan Ibu Susi Pudjiastuti (Menteri Perikanan dan Kelautan RI, Susi Air) pada hari Jumat tanggal 5 Desember 2014 di Marquee, Cyber 2 Tower , Jl HR Rasuna Said, Jakarta.
Hujan deras yang melanda kota Jakarta saat itu, tidak menyurutkan langkah kaki peserta untuk mengikuti kegiatan ini. Ruangan dengan kapasitas kursi 240 sudah penuh terisi sejak 30 menit sebelum  acara dimulai, sedangkan jumlah peserta yang mencapai lebih dari 350 orang yang terdiri dari Mahasiswa, Alumni MM-FEUI dan sejumlah tamu undangan lainnya termasuk para wartawan yang harus berdiri karena tidak mendapatkan kursi

Kegiatan  Tanoto Entrepreneurship Series (TES) kali ini mengungkap kesuksesan  dari pengusaha-pengusaha yang memberikan inspirasi kepada masyarakat luas walaupun mereka tidak tamat dan bahkan tidak mengenyam di bangku perguruan tinggi. “Menjadi wirausahawan sukses tentunya tidak mudah. Memiliki ijazah S1 dan S2 sekolah bisnis atau manajemen adalah sesuatu yang menguntungkan dalam perjalanan menjadi pengusaha yang berhasil,” ujar Anderson Tanoto ( Member of Board Trustees of Tanoto Foundation) dalam sambutannya. “Namun, bukan berarti mereka yang tidak menempuh jenjang kuliah lalu tidak dapat menjadi sukses. Ibu Susi Pudjiastuti, pendiri sekaligus pemilik maskapai penerbangan Susi Air yang saat ini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI, serta Bapak Irwan Hidayat, CEO PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, telah membuktikan bahwa kegigihan, kreativitas, dan semangat adalah kunci dalam membesarkan sebuah bisnis” lanjut Anderson Tanoto.
Dekan FEUI Prof. Ari Kuncoro, PhD.   dalam  sambutannya mengatakan tidak banyak entrepreneur yang sukses.  Prof. Ari  berharap dengan adanya kegiatan ini  maka kedepannya  kita bisa berbagi, belajar dan akan lahir entrepreneur-entrepeneur sukses.

Pembicara pertama adalah Bapak Irwan Hidayat dengan moderator Ibu Dr. Tengku Ezni Balqiah (Ketua Program Studi MM-FEUI). Dalam kesempatan tersebut,  Bapak Irwan Hidayat berbagi cerita mengenai perkembangan Sido Muncul dari awal hingga saat ini mampu memasarkan produknya sampai ke luar negeri.  Di akhir sesi, Bapak Irwan Hidayat mengatakan, “Dalam kesuksesan seseorang selalu ada tangan-tangan yang tidak kelihatan yang selalu menolong kita. Oleh karena itu jangan berhenti berusaha, mencoba dan berdoa kepada Tuhan”.

Senada dengan Ibu Susi Pudjiastuti sebagai pembicara sesi kedua mengatakan, “Untuk menjadi wirausaha yang sukses Anda harus berkomitmen 100 persen dalam pekerjaan Anda. Jangan setengah-setengah. Begitu pula dengan keluarga. Saya memberikan komitmen kepada pekerjaan sebesar 100 persen dan 100 persen pula untuk keluarga.  Keduanya adalah hal penting yang tidak bisa dibagi. Semuanya harus 100 persen.” Bertindak sebagai moderator pada sesi kedua adalah Prof. Rhenald Kasali, Ph.D (Guru Besar FEUI).
Acara diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan kepada kedua pembicara oleh Bapak Anderson Tanoto dan Bapak Harryadin Mahardika, PH. D (Sekretaris Program Studi MM-FEUI) dan kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.
(ed RW/PH. Pic HK/AS)